Tags


RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

SIKLUS I


Mata Pelajaran            :      IPA
Kelas / Semester         :      II / 2
Standar Kompetensi   :      Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari dan kegunaannya
Kompetensi Dasar      :      Mengidentifikasikan sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
Indikator                     :      -    Mencari contoh alat - alat rumah tangga yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya
                                           -    Menunjukan sumber energi yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya
                                           -    Menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
Hari / Tanggal             :      Kamis, 25 Februari 2016
                                           Kamis , 3 Maret 2016
Waktu                         :      2 jam pelajaran ( 1 x 35 menit tiap pertemuan )

I.     Tujuan
       Tujuan Pembelajaran
       a.     Siswa dapat mencari alat – alat rumah tangga yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya.
       b.    Siswa dapat menunjukan sumber energi yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
       c.     Siswa dapat menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
       Tujuan Perbaikan
       a.     Meningkatkan prestasi siswa pada proses pembelajaran.
       b.    Meningkatkan motivasi belajar siswa.
       c.     Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep.
II.   Media dan Sumber
       1.    Alat bantu pelajaran
       2.    Lembar kerja siswa
       3.    IPA SAINS kelas II penerbit erlangga
       4.    Buku lain yang relevan
III. Sekenario Pembelajaran
       A.   Pertemuan Pertama
              Kamis, 25 Februari 2016 ( 1 X 35 Menit )
              1.    Kegiatan awal ( 5 menit )
                     a.     Menyapa dengan salam dilanjutkan memimpin doa.
                     b.    Mengabsen siswa untuk mengecek kehadiran sambil mengkondisikan kesiapan belajar siswa.
                     c.     Melakukan apersepsi dengan mengutarakan pertanyaan–pertanyaan ringan, “anak – anak, kalian pernah melihat ibu kalian mencuci baju? Pernah Bu guru” siapa yang pernah mencuci baju sendiri?”saya Bu guru, saya Bu guru”. Terus siapa yang tahu, setelah dicuci baju itu diapakan? di mana dijemurnya?
                     d.    Memberi informasi pada siswa tentang tujuan pembelajaran dan menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.
              2.    Kegiatan inti ( 25 menit )
                     a.     Pada kegiatan inti guru menjelaskan permainan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Siswa diberi penjelasan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuh siswa akan mendapat soal, separuh siswa mendapat kartu jawaban. Semua kartu dikocok, sehingga akan tercampur antar soal pertanyaan dan jawaban.
                     b.    Guru mengajak siswa keluar kelas, agar siswa leluasa dalam mencari pasangan mereka, siswa diminta untuk menemukan pasangannya, jika ada yang sudah menemukan pasangan, mereka diminta duduk berdekatan dan menganalisis soal serta jawaban dan tugas siswa mengembangkan jawaban tersebut.Bagi siswa yang menemukan pasangan paling awal duduk deretan paling depan dengan pasangan yang telah mereka temukan lalu mendiskusikan jawaban tersebut dengan pasangannya,
                     c.     Setiap pasangan bergantian untuk membacakan soal yang diperoleh, dengan kertas dan dijawab oleh pasangannya dengan penegembangan jawaban hasil diskusi siswa lain menanggapi hasil diskusi teman.
              3.    Kegiatan Akhir ( 5 menit )
                     a.     Siswa secara bersama – sama membaca materi pembelajaran yang ditulis dipapan tulis
                     b.    Mempersilahkan siswa untuk istirahat setelah buku catatan siswa dikumpulkan untuk dicek dan kemudian dikembalikan untuk mengerjakan PR.
                            Contoh soal PR, antara lain:
                            1.    Energi panas contohnya: ....
                            2.    Energi bunyi contohnya: .... 
                            3.    Energi cahaya contohnya: ....
                            4.    Energi listrik comtohnya : ....


       B.    Pertemuan ke Dua
              Kamis, 3 Maret 2016 ( 1 X 35 menit )
              1.    Kegiatan awal ( 10 menit )
                     a.     Merapikan tempat duduk siswa dan merapikan pakaian siswa secara bersama – sama setelah bermain setelah istirahat
                     b.    Membahas PR pada pertemuan yang lalu sebagai apersepsi
              2.    Kegiatan inti ( 15 menit )
                     a.     Peneliti dan siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan materi, yang ada dalam kartu pertanyaan dan kartu jawaban yang mereka dapatkan.
                     b.    Kemudian secara klasikal peneliti menulis benda – benda yang di bacakan siswa dalam kartu yang mereka dapatkan, kemudian mereka menentukan sendiri benda mana saja yang menghasilkan bunyi, panas, gerak dan menghasilkan energi cahaya.
                     c.     Guru menunjukan beberapa benda kongkrit yang menunjukan berbagai macam sumber energi dan siswa menunjukan benda mana yang menghasilkan panas, gerak, bunyi dan cahaya, kemudian menunjukan pada temannya.
                     d.    Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya dan memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mendapat kesulitan
              3.    Kegiatan Akhir ( 10 menit )
                     a.     Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
                     b.    Guru membagikan lembar kerja siswa,siswa mengerjakansoal
                     c.     Guru melakukan penilaian
                     d.    Memberi motivasi dan tindak lanjut untuk mempelajari lagi materi macam-macam sumber energi dan memberi motivasi agar berperilaku yang baik agar memiliki harga diri baik, serta agar tetap semangat untuk selalu belajar
              4.    Penilaian
                     a.     Prosedur
                            1.    Tes awal ( apersepsi )
                            2.    Tes prosedur ( tanya jawab lisan )
                            3.    Tes akhir ( evaluasi formatif  )
                     b.    Bentuk tes         :    lisan dan tertulis
                     c.     Alat evaluasi    :    instrumen soal
                     d.    Bentuk soal pilihan ganda
                     e.     Instrumen soal
LEMBAR EVALUASI
PETUNJUK !
1.  Berdoalah dahulu sebelum kamu mengerjakan soal !
2.  Tulislah namamu di sudut kanan atas pada lembar soal !
3.  Bacalah dengan teliti soal yang akan kamu kerjakan !
4.  Kerjakan dahulu soal-soal yang kamu anggap paling mudah !
5.  Periksa kembali pekerjaanmu sebelum kamu serahkan kepada bapak/ibu guru !
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang paling tepat !
1.  Sumber energi panas dan cahaya terbesar di bumi adalah ... .
     a.  sinar matahari                                     c. Panas bumi
     b. angin                                                  d. Bulan dan bintang
2. Kemampuan benda untuk melakukan usaha disebut ... .
     a. kerja                                                    c. energi
     b. molekul                                               d. gerak
3.  
                            
Benda disamping menggunakan sumber energi ... .
                                    a.  gerak                           c.  listrik
                                    b.  minyak bumi               d.  Kimia





4.  Sumber energi yang menghasilkan bunyi adalah ... .
     a.   
                                                          c. 


 


     b.                                                             d. 













5.  Sumber energi tubuh kita berasal dari ... .
     a. listrik                                                   c. panas
     b. makanan                                              d. bensin
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
6. pada siang hari matahari menerangi ....
7. agar dapat melakukan kegiatan, maka manusia perlu ...
8. untuk melicinkan pakain digunakan ...
9. sumber energi yang paling banyak digunakan adalah ....
10. Kemampuan benda untuk melakukan usaha disebut ... .

f.       Kunci jawaban
          1. A                    6. Bumi
          2. C                    7. Energi
          3. C                    8.Setrika
          4. D                    9. Listrik
          5. B                    10.Energi

g   Penilaian

Satu jawaban benar skor nya 10,
Skor maksimal adalah 100
Nilai = Jumlah Skor Penilaian  X 100
            Skor maksimal



Mengetahui,                                                           ..........................................
Kepala Sekolah                                                              Pelaksana PTK




........................                                                          ..........................

NIP...........................................                                 NIM. ...............................